Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Sembelit!

 

Jeruk adalah salah satu buah yang terkenal di dunia. Buah berwarna jingga ini merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Rasanya yang asam memberikan kesan segar saat dikonsumsi, khususnya saat cuaca panas.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah jeruk juga sering diolah menjadi selai, jus atau makanan lainnya. Bahkan, buah yang satu ini juga sering dijadikan campuran salad buah. Banyak sekali kan manfaat buah jeruk ini.

Tak hanya rasa yang enak dan memberikan efek segar saat dikonsumsi, buah jeruk kaya akan berbagai nutrisi lain yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut data US Department of Agriculture, jeruk mengandung vitamin C, vitamin B1 atau thiamine, folate dan potassium. Selain itu, buah jeruk juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan dan Menjaga Sistem Imun Ibu Hamil

Manfaat buah jeruk yang pertama adalah menjaga sistem imun ibu hamil. Sistem kekebalan tubuh atau imunitas merupakan hal yang penting selama masa kehamilan. Mengutip familyeducation.com sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan. Karena gangguan terhadap sistem imun dapat meningkatkan risiko keguguran atau bayi lahir secara prematur.

Selain itu, sistem imun yang terganggu dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti flu, keracunan makanan, dan infeksi saluran kemih.

2. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Jeruk adalah sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak janin. Konsumsi jeruk saat hamil dapat membantu perkembangan otak bayi dan mencegah cacat pada bayi yang disebabkan oleh terganggunya pembentukan tabung saraf.

Seperti yang diketahui terganggunya pembentukan tabung saraf dapat menyebabkan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Kandungan folat dalam jeruk dapat membantu dalam pembentukan sel darah, pertumbuhan jaringan baru, dan perkembangan plasenta yang sehat.

Namun, asupan folat yang berlebihan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan tinggi. Jadi, tetap harus diperhatikan jumlah konsumsi untuk mendapatkan manfaat buah jeruk selama hamil, jangan terlalu berlebihan.

3. Bermanfaat untuk Kulit Ibu Hamil

Ibu hamil sering mengalami gangguan kulit, seperti tumbuhnya jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan semua hormon yang ada di dalam tubuh mengeluarkan minyak berlebih dan menyebabkan jerawat.

Selain menggunakan pengobatan dari luar yang aman untuk ibu hamil, disinilah manfaat buah jeruk akan bekerja. Konsumsi makanan sehat seperti buah jeruk dapat membantu mengatasi masalah jerawat terhadap ibu hamil.

Jeruk adalah antioksidan kuat; memakannya dapat memiliki efek menenangkan pada kulit, menjaganya tetap kencang serta memberikan kelembapan yang cukup untuk mencegah jerawat.

Manfaat buah jeruk memang sangat beragam. Konsumsi buah satu ini akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan termasuk kepada ibu hamil.

Namun, untuk Kamu yang memiliki masalah dengan asam lambung sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum konsumsi buah yang kaya akan vitamin C ini agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.

Itu tadi manfaat buah jeruk untuk ibu hamil. Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli jeruk yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan jeruk serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!